Friday, November 29, 2013

MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV


Beriman Kepada Allah dan Rasulnya

Assalamu’alaikum
Anak-anak taukah kalian, siapa yang menciptakan alam semesta beserta isinya?  Bagaimana kita mengenal pencipta alam beserta isinya juga mengutus seorang rasul kepada kita? Ayo, ikuti pelajaran ini insya Allah kalian dapat membuktikan adanya Allah SWT dan para rasul-rasulnya.
Allah Swt yang menciptakan dan menguasai alam raya ini yang ada di langit dan bumi. Seperti manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan ciptaan yang lain.
Bagaimana kita mengenal Allah? Kita dapat mengenal Allah melalui alam semesta, Al-Qur’an, dan nama-nama Allah (Asmaul husna).
1.      Mengenal Allah melalui alam semesta





Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. “Ya rasul apa arti beriman itu?” Rasulullah menjawab “Beriman artinya percaya pada Allah”. Beriman atau iman artinya percaya; percaya kepada Allah sebagai tuhan pencipta alam.
Beriman kepada Allah artinya percaya kepada Allah. Bukti adanya Allah adalah adanya alam semesta dan semua isinya. Al-Qur’an telah menjelaskan adanya Tuhan dan nama-Nya.
Adanya alam semesta, termasuk bumi yang kita huni sekarang ini adalah bukti adanya Tuhan. Alam semesta ini berisi benda-benda. Didalam pelajaran ilmu pengetahuan alam terdapat benda mati, benda yang tidak bias bergerak,bertumbuh,berkembang,dan bernafas. Juga benda yang bias bergerak adalah ciptaan Allah.


2.      Mengenal Allah Melalui Al-Qur’an





Anak-anak, ayat Al-Qur’an di atas mengenalkan kepada kita bahwa Allah adalah Tuhan kita satu-satunya.  Dialah yang menciptakan dan memelihara segala sesuatu yang ada di alam semesta ini. Jadi kita wajib menyembah hanya kepada-Nya.

3.      Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna
Untuk saling mengenal biasanya melaui namanya. Demikian juga mengenal Allah. Demikian juga mengenal Allah. Allah Swt. Memiliki nama-nama yang baik ataudikenal dengan asmaul husna. Nama Allah banyak, tetapi yang diperkenalkan kepada manusia hanya 99 nama melalui perantara wahyu, yaitu Al-Quran.
Kita akan mempelajari 3 diantaranya, yaitu:
a.      Al-Basir
Anak-anak tahukah kamu bahwa semua perbutan baik maupun buruk, pasti dilihat oleh Allah dengan sifat Al-Basir-Nya. Al-Basir berarti Allah Maha Melihat. Allah Swt. Mampu melihat apa saja, sampai hal yang sekecil-kecilnya.  Tidak ada yang luput sedikitpun dari pandangan-Nya.
b.      Al-Adl
Anak-anak tahukah kalian arti Al-Ald? Al-Ald berarti Allah yang Maha Adil. Allah Swt. Menempatkan semua manusia sama dihadapan-Nya. Tidak ada yang ditinggikan hanya karena keturunan, kekayaan, atau jabatannya. Allah Swt. Memuliakan seseorang hanya karena ketakwaannya. Takwa artinya mengerjakan yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-Nya.
c.      Al-Azim
Anak-anak, pernakah kalian meminta bantuan kepada orang lain? Jika pernah coba ceritakan.
Manusia pasti membutuhkan orang lain, sedangkan Allah tidak membutuhkan makhluk lain. Oleh karena itu, Allah disebut “ Al-Azim”. Al-Azim artinya Allah Maha Agung. Hanya Allah yang Maha Agung yang tidak membutuhkan orang lain. Dia yang memenuhi segala kebutuhan makhluk-Nya. Manusia membutuhkan pertolongan-Nya dan membutuhkan orang lain. Manusia tidak bias hidup sendirian.
Dengan memahami sifat Allah, al-azim , maka kita akan selalu mengagungkan tanda-tanda kebesaran-Nya dengan cara melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

Lagu Beriman Kepada Allah:
Lailaha illallah
Muhammadur rasulullah
Tiada Tuhan selain Allah
Nabi Muhammad utusan Allah
Aku beriman kepada Allah
Hanya dia yang Maha Kuasa
Aku beriman kepada Rasul
Pembawa risalah kebenaran

No comments:

Post a Comment

Search This Blog